Kamis, 07 Januari 2010

Kabupaten Bekasi


Kabupaten Bekasi, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cikarang. Kabupaten ini berada tepat di sebelah timur Jakarta, berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta di barat, Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Karawang di timur, serta Kabupaten Bogor di selatan. Kabupaten Bekasi terdiri atas 23 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan.

Kabupaten Bekasi dipimpin oleh bupati H. Sa'duddin dan wakil bupati Darip Mulyana yang dicalonkan oleh fraksi PKS, yang memerintah sejak 2007. Perwakilan di DPRD Kabupaten Bekasi terdiri dari 50 orang, dengan komposisi hasil Pemilu Legislatif 2009 sebagai berikut: Partai Demokrat sembilan kursi, Partai Golkar delapan kursi, PKS delapan kursi, PDIP tujuh kursi, PPP empat kursi, PAN empat kursi, PKB tiga kursi, PBB dua kursi, Partai Hanura dua kursi, dan Partai Gerindra satu kursi. Dua belas di antaranya adalah anggota periode sebelumnya.

Bekasi merupakan kawasan pertumbuhan Jakarta, dan menjadi bagian dari kawasan Jabotabek (belakangan menjadi Jabodetabek). Bekasi dilintasi ruas jalan tol Jakarta-Cikampek dan jalur kereta api Jakarta-Surabaya. KRL Jakarta-Bekasi hanya tersedia sampai kawasan Bekasi barat.

Perekonomian Kabupaten Bekasi ditopang oleh sektor pertanian, perdagangan dan perindustrian. Banyak industri manufaktur yang terdapat di Bekasi, diantaranya kawasan industri Jababeka, EJIP, Delta Silicon, MM2100, BIIE dan sebagainya. Kawasan-kawasan industri tersebut kini digabung menjadi sebuah Zona Ekonomi Internasional (ZONI) yang memiliki fasilitas khusus di bidang perpajakan, infrastruktur, keamanan dan fiskal. (wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar